Sabtu, 17 Maret 2012

Perkembangan Teknologi

Sebagai manusia yang hidup dijaman modern seperti sekarang ini tentunya kita semua tidak akan pernah lepas dari yang namanya teknologi baik teknologi komunikasi dan informasi. contoh kecilnya seperti handphone yang kita sering bawa kemana – mana merupakan salah satu teknologi yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia modern bayangkan saja bila dijaman seperti sekarang ini tidak ada yang namanya handphone tentunya akan sulit untuk berkomunikasi apalagi diera persaingan seperti ini kita dituntut untuk selalu cepat dalam melakukan segala hal tak terkecuali dalam urusan berkomunikasi bahkan ada sebagian orang yang mengatakan tidak bisa hidup bila tidak adanya hanphone. Hanphone sekarang banyak yang mengalami perkembanga dari yang mula hanya bisa sms dan nelpon kini sudah berkembang dengan sangat pesat dengan fitur – fitur tambahan yang semakin memanjakan penggunanya  bukan hanya hanphone yang mengalami perkembangan tetapi juga televisi,komputer,dan yang lainya juga berkembang amat pesat seirig dengan perkembangan jaman. Perkembangan teknologi seperti ini semakin memudahkan manusia dalam  kegiatan seharinya terutama dalam hal pekerjaan tentunya ini merupakan sesuatu hal yang berdampak positif terhadap manusia tetapi apakah teknologi juga berdampak negatif kepada manusia??? Pastinya ya karena diera globalisasi sekarang ini orang – orang dapat lebih mudah mengakses teknologi bahkan dikalangan anak – anak sekalipun.
Diera modern ini ada bebeberapa dampak negatif dari teknologi khususnya dikalangan pelajar contoh nya bermain game salah satu contohnya buruknya adalah dari kemungkinan anak,kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orang tua anak “mengkonsumsi” game yang menonjolkan kekerasan dan agresivitas. Para pakar pendidikan mensinyalir bahwa game yang bernuansa kekerasan dan agresi ini adalah pemicu adanya perilaku – perilaku agresif serta sadistic pada diri sang anak.contoh lainya adalah lewat internet mapu mengakses internet merupakan suatu langkah yang baik bagi wawasan sang anak,tapi sayangnya anak juga terrancam informasi buruk yang membanjiri internet. Melalui internetlah banyak materi bermuatan seks,kekerasan,dan lain lain.
Dari contoh contoh diatas dampak perkembangan teknologi  memang sangat mengkhawatirkan tentunya kita sebagai pengguna teknologi harus lebih bijak lagi dalam memainkan teknologi dan bagi para orang tua harus lebih mengawasi anak – anaknya agar tidak terjebak terhadap dampak negatif dari sebuah perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar