1.apa yg kalian ketahui tentang matematika
Kita semua tentu sudah tidak asing lagi
dengan yang namanya matematika,ya matematika adalah suatu ilmu yang mempelajari
angka – angka dan merupakan salah satu dari ilmu pasti,meski tidak banyak yang
menyukai mata pelajaran ini tetapi tetap saja matematika itu merupakan bagian
yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari,sekarang kita akan
membahas dari mana sebenarnya matematika itu berasal,standar kompetensi
matematika,dan apa saja sich fungsinya
Istilah mathematics (Inggris), mathematik (Jerman), mathematique
(Perancis), matematico (Itali), matematiceski (Rusia), atau mathematick
(Belanda) berasal dari perkataan latin mathematica, yang mulanya diambil dari
perkataan Yunani, mathematike, yang berarti “relating to learning”. Perkataan
mathematike berhubungan sangat erat dengan sebuah kata lainnya yang serupa,
yaitu mathanein yang mengandung arti belajar (berpikir). Jadi berdasarkan
etimologis (Elea Tinggih dalam Erman Suherman, 2003:16), perkataan matematika
berarti “ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar”.
James dan James (1976) dalam kamus matematikanya mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri.
Johnson dan Rising (1972) dalam bukunya mengatakan bahwa matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide dari pada mengenai bunyi. Sementara Reys, dkk. (1984) mengatakan bahwa matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola pikir, suatu seni, suatu bahasa, dan suatu alat.
Berdasarkan pendapat di atas, maka disimpulkan bahwa ciri yang sangat penting dalam matematika adalah disiplin berpikir yang didasarkan pada berpikir logis, konsisten, inovatif dan kreatif.
Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistik, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat matematika dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel.
Tujuan umum pendidikan matematika ditekankan kepada siswa untuk memiliki:
1.
Kemampuan yang
berkaitan dengan matematika yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah
matematika, pelajaran lain ataupun masalah yang berkaitan dengan kehidupan
nyata.
2.
Kemampuan menggunakan
matematika sebagai alat komunikasi.
3.
Kemampuan menggunakan
matematika sebagai cara bernalar yang dapat dialihgunakan pada setiap keadaan,
seperti berpikir kritis, berpikir logis, berpikir sistematis, bersifat
objektif, bersifat jujur, bersifat disiplin dalam memandang dan menyelesaikan
suatu masalah.
c. Ruang Lingkup
Standar kompetensi
matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika yang dibukukan dan harus
ditunjukkan oleh siswa pada hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika.
Standar ini dirinci dalam komponen kompetensi dasar beserta hasil belajarnya,
indikator dan materi pokok untuk setiap aspeknya. Pengorganisasian dan
pengelompokan materi pada materi didasarkan menurut disiplin ilmunya atau
didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak dicapai. Aspek atau
ruang lingkup materi pada standar kompetensi matematika adalah bilangan,
pengukuran dan geometri, aljabar, trigonometri, peluang dan statistik, dan
kalkulus.
d. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika.
Untuk mata pelajaran matematika di SMA, telah dirumuskan sembilan standar kompetensi (Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen. Dikdasmen, Depdiknas; 2003:2) sebagai berikut:
1.
Menggunakan operasi
dan sifat serta sifat manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma; persamaan kuadrat dan fungsu
kuadrat; sistem persamaan linear-kuadrat; pertidaksamaan satu variabel; logika
matematika.
2.
Menggunakan
perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas persamaan trigonometri dalam
pemecahan masalah.
3.
Menggunakan sifat dan
aturan geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis dan bidang; jarak;
sudut; dan volum.
4.
Menggunakan aturan
statistika dalam menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara serta
memberi tafsiran; menyusun dan
5.
menggunakan kaidah
pencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan; dan menggunakan aturan peluang
dalam menentukan dan
2. apa yang dimaksud dengan IAD
Ilmu
alamiah atau sering
disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan
pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di
muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji
konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
A.MANUSIA
YANG BERSIFAT UNIK
Ciri-ciri
manusia
a.Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya
b.Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat, (ada yang masuk dan keluar)
c.Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
d.Memiliki potensi untuk berkembang biake.Tumbuh dan bergerak
f.Berinteraksi dengan lingkungannnya
g.Sampai pada saatnya mengalami kematiian
a.Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya
b.Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat, (ada yang masuk dan keluar)
c.Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
d.Memiliki potensi untuk berkembang biake.Tumbuh dan bergerak
f.Berinteraksi dengan lingkungannnya
g.Sampai pada saatnya mengalami kematiian
Manusia
adalah makhluk yang lemah dibanding makhluk lain namun dengan akal budinya dan
kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat hidup dengan
lebih baik lagi. Akal budinya dan kemauannyayang sangat kuat itulah sifat unik
dari manusia.
B.KURIOSITAS
ATAU RASA INGIN TAHU DAN AKAL BUDI
Rasa
ingin tahu makhluk lain lebih didasarkan oleh naluri (instinct) /idle curiosity
naluri ini didasarkan pada upaya mempertahankan kelestaraian hidup dan sifatnya
tetap sepanjang zaman. Manusia juga mempunyai naluri seperti tumbuhan dan hewan
tetapi ia mempunyai akal budi yang terus berkembang serta rasa ingin tahu yang
tidak terpuaskan.
Sesuatu masalah yang telah dapat dipecahkan maka akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya, manusia setelah tahu apanya maka ingin tahu bagimana dan mengapa.
Contoh : tempat tinggal manusia purba sampai manusia modern, contoh lain seperti penyakit setelah ditemukan obat suatu penyakit ada penyakit lain lagi yang dicoba untuk dicari obatnya (HIV AIDS)
Sesuatu masalah yang telah dapat dipecahkan maka akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya, manusia setelah tahu apanya maka ingin tahu bagimana dan mengapa.
Contoh : tempat tinggal manusia purba sampai manusia modern, contoh lain seperti penyakit setelah ditemukan obat suatu penyakit ada penyakit lain lagi yang dicoba untuk dicari obatnya (HIV AIDS)
C.PERKEMBANGAN
ALAM PIKIRAN MANUSIA
Manusia
yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan
menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi sering upaya itu tidak
terjawab secara memuaskan. Pada manusia kunountuk memuaskan mereka menjawab
sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi mereka membuat jawaban, pelangi adalah
selendang bidadari atau kenapa gunung meletus jawabannya karena yang berkuasa
marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang
berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan
kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos
dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat
ingintahu yang harus dipenuhi. Sehubungan dengan dengan kemajuan zaman, maka
lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.
Puncak
pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yati kira-kira 700-600 SM. Orang
Babilonia berpendapat bahwa alam semesta itu sebagai ruangan setengah bola
dengan bumiyang datar sebagai lantainya dan langit dan bintang-bintang sebagai
atapnya. Namun yang menakjubkan mereka telah mengenal bidang ekleptika sebagai
bidang edar matahari dan menetapkan perhitungan satu tahun yaitu satu kali
matahari beredar ketempat semula, yaitu 365,25 hari. Pengetahuan dan ajaran
tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan
atau mitos pengetahuan semacam ini disebut Pseudo science (sains palsu)
Tokoh-tokoh Yunani dan lainnya yang
memberikan sumbangan perubahan pemikiran pada waktu itu adalah :
a.Anaximander,
langit yang kita lihat adalah setengah saja, langit dan isinya beredar
mengelilingi bumi ia juga mengajarkan membuat jam dengan tongkat.
b.Anaximenes,
(560-520) mengatakan unsur-unsur pembentukan semua benda adalah air, seperti
pendapat Thales. Air merupakan salah satu bentuk benda bila merenggang menjadi
api dan bila memadat menjadi tanah.
c.Herakleitos,
(560-470) pengkoreksi pendapat Anaximenes, justru apilah yang menyebabkan
transmutasi, tanpa ada api benda-benda akan seperti apa adanya.
d.Pythagoras
(500 SM) mengatakan unsur semua benda adalah empat : yaitu tanah, api, udara
dan air. Ia juga mengungkapkan dalil Pythagoras C2 = A2 + B2, sehubungan dengan
alam semesta ia mengatakan bahwa bumi adalah bulat dan seolah-olah benda lain
mengitari bumi termasuk matahari.
e.Demokritos
(460-370) bila benda dibagi terus, maka pada suatu saat akan sampai pada bagian
terkecil yang disebut Atomos atau atom, istilah atom tetap dipakai sampai saat
ini namun ada perubahan konsep.
f.Empedokles
(480-430 SM) menyempurnakan pendapat Pythagoras, ia memperkenalkan tentang
tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan data tolak-menolak. Kedua tenaga
ini dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur.
g.Plato
(427-345) yang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan orang sebelumnya, ia
mengatakan bahwa keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat
saja dari semua yang kekal dan immatrial. Seperti serangga yang beranekaragam
itu merupakan duplikat yang tidak sempurna, yang benar adalah idea serangga.
h.Aristoteles
merupakan ahli pikir, ia membuat intisari dari ajaran orang sebelumnya ia
membuang ajaran yang tidak masuk akal dan memasukkan pendapatnya sendiri. Ia
mengajarkan unsur dasar alam yang disebut Hule. Zat ini tergantung kondisi
sehingga dapat berwujud tanah, air, udara atau api. Terjadi transmutasi
disebabkan oleh kondisi, dingin, lembah, panas dan kering. Dalam kondisi lembab
huleakan berwujud sebagai api, sedang dalam kondisi kering ia berwujud tanah.
Ia juga mengajarkan bahwa tidak ada ruang yang hampa, jika ruang itu tidak
terisi suatu benda maka ruang itu diisi oleh ether. Aristoteles juga
mengajarkan tentang klasifikasi hewan yang ada dimuka bumi ini.
i.Ptolomeus
(127-151) SM, mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya (geosentris),
berbentuk bulat diam seimbang tanpa tiang penyangga.
j.Avicenna
(ibn-Shina abad 11), merupakan ahli dibidang kedokteran, selain itu ahli lain
dari dunia Islam yaitu Al-Biruni seorang ahli ilmu pengetahuan asli dan
komtemporer. Pada abab 9-11 ilmu pengetahuan dan filasafat Yunani banyakyang
diterjemahkan dan dikembangkan dalam bahasa Arab. Kebudayaan Arab berkembang
menjadi kebudayaan Internasional.
D.LAHIRNYA
ILMU ALAMIAH
Panca
indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu
menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh terakumulasi oleh karena
adanya kuriositas manusia. Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya
pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalamanakan bertambah terus seiring
berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Pertambahan
pengetahuan didorong oleh pertamauntuk memuaskan diri, yang bersifat non
praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan
isinya kedua, dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk
meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Dorongan pertama melahirkan Ilmu
Pengetahuan Murni (Pure Science) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan
Terapan (Aplied Science)
E.KRITERIA
ILMIAH
Pengetahuan
masuk kategori Ilmu Pengetahuan, bila kriteria berikut dipenuhi yakni : teratur,
sistemastis, berobyek, bermetoda dan berlaku secara universal.
Contoh:
1. logam yang dipanasi memuai, dimana saja tempatnya sama
2. Grafitasi Bumi.
Contoh:
1. logam yang dipanasi memuai, dimana saja tempatnya sama
2. Grafitasi Bumi.
F.METODE
ILMIAH DAN IMPLEMENTASINYA
Segala
kebenaran dalam ilmu Alamiah terletak pada metode ilmiah. Sebagai langkah
pemecahan atau prosedur ilmiah dapat sebagai berikut :
1.Penginderaan,
merupakan suatu aktivitas melihat, mendengar, merasakan, mengecap terhadap
suatu objek tertentu.
2.Masalah dan problema, menemukan masalah dengan kata lain adalah dengan mengemukakan pertanyaan apa dan bagaimana.
3.Hipotesis, jawaban sementara terhadap pertanyaan yang kita ajukan.
4.Eksperimen, dari sini ilmu alamiah dan non ilmu alamiah dapat dipisahkan. Contoh dalam gejala alam tentang serangga dengan lampu (sinar biru)
5.Teori, bukti eksperimen merupakan langkah ilmiah berikutnya yaitu teori. Dengan hasil eksperimen dari beberapa peneliti dan bukti-bukti yang menunjukkan hasil yang dapat dipercaya dan valid walaupun dengan keterbatasan tertentu. Maka disusun teori. Dengan teori-teori yang dikemukakan maka dapat diaplikasikan terhadap kebutuhan manusia seperti pengusiran serangga atau perangkap nyamuk (terkait dengan teori pencahayaan.
2.Masalah dan problema, menemukan masalah dengan kata lain adalah dengan mengemukakan pertanyaan apa dan bagaimana.
3.Hipotesis, jawaban sementara terhadap pertanyaan yang kita ajukan.
4.Eksperimen, dari sini ilmu alamiah dan non ilmu alamiah dapat dipisahkan. Contoh dalam gejala alam tentang serangga dengan lampu (sinar biru)
5.Teori, bukti eksperimen merupakan langkah ilmiah berikutnya yaitu teori. Dengan hasil eksperimen dari beberapa peneliti dan bukti-bukti yang menunjukkan hasil yang dapat dipercaya dan valid walaupun dengan keterbatasan tertentu. Maka disusun teori. Dengan teori-teori yang dikemukakan maka dapat diaplikasikan terhadap kebutuhan manusia seperti pengusiran serangga atau perangkap nyamuk (terkait dengan teori pencahayaan.
G.KETERBATASAN
ILMU ALAMIAH
Untuk
itu perlu dilakukan pengujian sampai dimana berlakunya metode ilmiah dan dimana
metode ilmiah tidak berlaku. Untuk itu kita perlu memperhatikan :
Pertama, Bidang ilmu Alamiah, yang menentukan bidang ilmu alamiah adalah metode ilmiah, karena bidang ilmu alamiah adalah wahana di mana metode ilmiah dapat diterapkan, sebaliknya bidang non ilmiah adalah wahana dimana metode ilmiah tidak dapat terapkan. Contoh hipotesa tentang keberadaan tuhan merupakan konsep yang tidak bisa menggunakan metode ilmiah dan apabila menggunakan konsep ini bisa menyebabkan orang Atheis.
Pertama, Bidang ilmu Alamiah, yang menentukan bidang ilmu alamiah adalah metode ilmiah, karena bidang ilmu alamiah adalah wahana di mana metode ilmiah dapat diterapkan, sebaliknya bidang non ilmiah adalah wahana dimana metode ilmiah tidak dapat terapkan. Contoh hipotesa tentang keberadaan tuhan merupakan konsep yang tidak bisa menggunakan metode ilmiah dan apabila menggunakan konsep ini bisa menyebabkan orang Atheis.
Kedua,
tujuan ilmu Alamiah, membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah hanya dapat
mengemukakan bukti kebenaran sementara dengan kata lain untuk kebenaran
sementara adalah “Teori”. Karena tidak ada sesuatu yang mutlak tetapi terus
mengalami perubahan (contoh teori tentang bumi ini bulat)
Ketiga. Ilmu alamiah dan nilai, ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan . Manusia pemakain ilmu alamiahlah yang menilai apakah hasil Ilmu Alamiah baik atau sebaliknya. Contoh penemuan mesiu atau bom atom.
Ketiga. Ilmu alamiah dan nilai, ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan . Manusia pemakain ilmu alamiahlah yang menilai apakah hasil Ilmu Alamiah baik atau sebaliknya. Contoh penemuan mesiu atau bom atom.
H.FILSAFAT
ILMU ALAMIAH
Yang
menjadi objek I. A adalah semua materi dalam alam semesta ini. I.A. meneliti
sumber alam yang mengaturnya. Pertanyaan tentang siapa yang mengatur alam ini
merupakan pertanyaan filsafat. Untuk itu ada 3 pandangan tentang filsafat ilmu
alamiah.
Vitalisme,
merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan diluar alam. Kekuatan
itu melikiki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di Alam
semesta ini. (misalnya Tuhan). pendapat ini ditantang oleh beberapa orang lain
karena dalam ilmu alamiah dikatakan bahwa segala sesuatunya harus dapat
dianalisis secaras eksperimen. Atau harus cocok dengan metode ilmiah.
Mekanisme,
penyebab segala gerakan di alam semesta ini dikarenakan hukum alam (misalnya
fisika atau kimia). Faham ini menganggap bahwa gejala pada mahluk hidup secara
otomatis terjadi hanya berdasar peristiwa fisika –kimia belaka. Pandangan ini
menyamakan gejala pada mahluk hidup dengan gejala benda tidak hidup sehingga
perbedaan hikiki tidak ada. Dengan begitu dapat menghayutkan manusia ke
pandangan materialisme yang selanjutnya kepada Atheisme.
Agnotisme,
untuk menghindari pertentangan vitalisme dan mekanisme maka aliran ini timbul,
dimana aliran ini melepaskan atau tidak memperhatikan sisi dari sang pencipta.
Mereka yang mengkuti aliran ini, hanya mempelajari gejala-gejala alam saja,
aliran ini banyak dianut oleh ilmuwan Barat.
Filsafat Pancasila, paham yang menjembatani dari 2 aliran yang menyatakan bahwa alam dan hukumnya terjadi karena ciptaan tuhan dan proses selanjutnya menurut filsafat mekanisme (hukum alam). Hukum alam adalah itu adalah sama dengan hukum Tuhan.Dapat dilihat dari kehidupan makhluk hidup dari awal sampai akhir.
Filsafat Pancasila, paham yang menjembatani dari 2 aliran yang menyatakan bahwa alam dan hukumnya terjadi karena ciptaan tuhan dan proses selanjutnya menurut filsafat mekanisme (hukum alam). Hukum alam adalah itu adalah sama dengan hukum Tuhan.Dapat dilihat dari kehidupan makhluk hidup dari awal sampai akhir.
I.BAHASA
ILMU ALAMIAH
Adalah
bahasa kesatuan yang utuh sebagai bentuk bahasa ilmu alamiah merupakan bahasa
universal. Contoh : Air (Indonesia), Water(Inggris) bahasa ilmiahnya H2O
J.KETERBATASAN
INDERA MANUSIA
Berdasarkan penelitian terhadap indera, manusia mempunyai kisaran (range) batas yang sangat terbatas
Penglihatan, terutama terhadap cepat atau lambatnya benda bergerak (riak air atau kecepatan cahaya, atau penglihatan kita sewaktu naik kereta api yang disampingnya terdapat pohon.
Pendengaran, manusia mempunyai kemampuan pendengaran dengan kisaran frekuensinya range 30 – 30.000 Hertz,Pengecapan dan pembauan, manusia selain mempunyai kemampuan tersebut juga mempunyai keterbatasan pembauan dan pengecapan terhadap benda yang ada dialam.
Indra kulit, manusia mampu membedakan antara panas dan dingin secara kasar, namun manusia mempunyai keterbatasan sehingga penginderaan sering menimbulkan salah kesan dan informasi, seperti perpindahan seseorang dari ruang panas ke dingin dibanding dengan orang yang berada diruangan yang tidak begitu panas.
Berdasarkan penelitian terhadap indera, manusia mempunyai kisaran (range) batas yang sangat terbatas
Penglihatan, terutama terhadap cepat atau lambatnya benda bergerak (riak air atau kecepatan cahaya, atau penglihatan kita sewaktu naik kereta api yang disampingnya terdapat pohon.
Pendengaran, manusia mempunyai kemampuan pendengaran dengan kisaran frekuensinya range 30 – 30.000 Hertz,Pengecapan dan pembauan, manusia selain mempunyai kemampuan tersebut juga mempunyai keterbatasan pembauan dan pengecapan terhadap benda yang ada dialam.
Indra kulit, manusia mampu membedakan antara panas dan dingin secara kasar, namun manusia mempunyai keterbatasan sehingga penginderaan sering menimbulkan salah kesan dan informasi, seperti perpindahan seseorang dari ruang panas ke dingin dibanding dengan orang yang berada diruangan yang tidak begitu panas.
K.PENINGKATAN
DAYA PENGINDERAAN
Peningkatan
daya indra dapat dilakukan sehingga diperoleh hasil yang tepat dapat dilakukan
dengan :
1.Latihan,
contoh pengindraan tentang bau dan bunyi (kualitas minuman anggur, teh, alat
musik)
2.Peningkatan Kewaspadaan, tingkat kewaspadaan sangat dipengaruhi oleh minat yang menyebabkan kesimpulan berbeda, dapat dilihat pendapat beberapa orang tentang satu etalase atau laporan dari kecelakaan dari beberapa orang.
3.Kalibrasi Instrumen (peneraan adalah membandingkan instrumen dengan standar yang ada.
4.Pengecekan, merupakan hal yang baik untuk menghindari kekeliruan.
5.Eksperimen, penginderaan dalam kondisi yang dikontrol dengan eksperimen kita mengetahui faktor-faktor apa saja yang sangat mempengaruhi terhadap suatu perubahan.
6.Penginderaan yang meliputi analisis dan sentesis, pengamatan terhadap bagian-bagian atau pengamatan secara keseluruhan.
7.Instrumen baru, bisa melakukan pengindraan baru. Seperti lie detector, Teleskop, satelit dll.
8.Pengukuran, merupakan ketrampilan tersendiri contoh dalam pembuatan mesin atau arsitektur.
2.Peningkatan Kewaspadaan, tingkat kewaspadaan sangat dipengaruhi oleh minat yang menyebabkan kesimpulan berbeda, dapat dilihat pendapat beberapa orang tentang satu etalase atau laporan dari kecelakaan dari beberapa orang.
3.Kalibrasi Instrumen (peneraan adalah membandingkan instrumen dengan standar yang ada.
4.Pengecekan, merupakan hal yang baik untuk menghindari kekeliruan.
5.Eksperimen, penginderaan dalam kondisi yang dikontrol dengan eksperimen kita mengetahui faktor-faktor apa saja yang sangat mempengaruhi terhadap suatu perubahan.
6.Penginderaan yang meliputi analisis dan sentesis, pengamatan terhadap bagian-bagian atau pengamatan secara keseluruhan.
7.Instrumen baru, bisa melakukan pengindraan baru. Seperti lie detector, Teleskop, satelit dll.
8.Pengukuran, merupakan ketrampilan tersendiri contoh dalam pembuatan mesin atau arsitektur.
L.PEMBAGIAN
ILMU PENGETAHUAN
Berdasarkan
beberapa argumentasi ilmu pengetahuan dibedakan atas :
a.Ilmu Pengetahuan Sosial, yakni membahas hubungan antar manusia sebagai makhluk sosial, yang selanjutnya dibagi atas :
1.Psikologi, yang mepelajari proses mental dan tingkah laku
2.Pendidikan, proses latihan yang terarah dan sistematis menuju ke suatu tujuan
3.Antropologi, mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan dan tingkah laku sosial
4.Etnologi, cabang dari studi antropologi yang dilihat dari aspek sistem sosio-ekonomi dan pewarisan kebudayaan terutama keaslian budaya
5.Sejarah, pencatatan peristiwa-persitiwa yang telah terjadi pada suatu bangsa. Negara atau individu
6.Ekonomi, yang berhubungan dengan produksi, tukar menukar barang produksi, pengolahan dalam lingkup rumah tangga, negara atau perusahaan.
7.Sosiologi, studi tentang tingkah laku sosial, terutama tentang asal usul organisasi, institusi, perkembangan masyarakat.
a.Ilmu Pengetahuan Sosial, yakni membahas hubungan antar manusia sebagai makhluk sosial, yang selanjutnya dibagi atas :
1.Psikologi, yang mepelajari proses mental dan tingkah laku
2.Pendidikan, proses latihan yang terarah dan sistematis menuju ke suatu tujuan
3.Antropologi, mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan dan tingkah laku sosial
4.Etnologi, cabang dari studi antropologi yang dilihat dari aspek sistem sosio-ekonomi dan pewarisan kebudayaan terutama keaslian budaya
5.Sejarah, pencatatan peristiwa-persitiwa yang telah terjadi pada suatu bangsa. Negara atau individu
6.Ekonomi, yang berhubungan dengan produksi, tukar menukar barang produksi, pengolahan dalam lingkup rumah tangga, negara atau perusahaan.
7.Sosiologi, studi tentang tingkah laku sosial, terutama tentang asal usul organisasi, institusi, perkembangan masyarakat.
b.Ilmu
Pengetahuan Alam , yang membahas tentang alam semesta dengan semua isinya dan
selanjutnya terbagi atas:
1.Fisika, mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. Seperti : bunyi cahaya, gelombang magnet, teknik kelistrikan, teknik nuklir
2.Kimia, mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek sususan materi dan perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi kimia organik (protein, lemak) dan kimia anorganik (NaCl), hasil dari ilmu ini dapat diciptakan seperti plastik, bahan peledak
3.Biologi, yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
a.Botani, ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan
b.Zoologi ilmu yang mempelajrai tentang hewan
c.Morfologi ilmu yang mempelajari tentang struktur luar makhluk hidup
d.Anatomi suatu studi tentang struktur dalam atau bentuk dalam mahkhluk hidup
e.Fisiologi studi tentang fungsi atau faal/organ bagian tubuh makhluk hidup
fSitologi ilmu yang mempelajari tentang sel secara mendalam
g.Histologi studi tentang jaringan tubuh atau organ makhluk hidup yang merupakan serentetan sel sejenis
h.Palaentologi studi tentang makhluk hidup masa lalu
1.Fisika, mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. Seperti : bunyi cahaya, gelombang magnet, teknik kelistrikan, teknik nuklir
2.Kimia, mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek sususan materi dan perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi kimia organik (protein, lemak) dan kimia anorganik (NaCl), hasil dari ilmu ini dapat diciptakan seperti plastik, bahan peledak
3.Biologi, yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
a.Botani, ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan
b.Zoologi ilmu yang mempelajrai tentang hewan
c.Morfologi ilmu yang mempelajari tentang struktur luar makhluk hidup
d.Anatomi suatu studi tentang struktur dalam atau bentuk dalam mahkhluk hidup
e.Fisiologi studi tentang fungsi atau faal/organ bagian tubuh makhluk hidup
fSitologi ilmu yang mempelajari tentang sel secara mendalam
g.Histologi studi tentang jaringan tubuh atau organ makhluk hidup yang merupakan serentetan sel sejenis
h.Palaentologi studi tentang makhluk hidup masa lalu
c.Ilmu
Pengetahuan Bumi dan Antariksa
Studi tentang bumi sebagai salah satu anggota tatasurya, dan ruang angkasa dengan benda angkasa lainnya.
1.Geologi, yang membahas tentang struktur bumi. (yang bahasannya meliputi dari ilmu kimia dan fisika) contoh dari ilmu ini petrologi (batu-batuan), vukanologi (gempa bumi), mineralogi (bahan-bahan mineral)
2.Astronomi, membahas benda-benda ruang angkasa dalam alam semesta yang meliputi bintang, planet, satelit da lain-lainnya. Manfaatnya dapat digunakan dalam navigasi, kalendar dan waktu.
Studi tentang bumi sebagai salah satu anggota tatasurya, dan ruang angkasa dengan benda angkasa lainnya.
1.Geologi, yang membahas tentang struktur bumi. (yang bahasannya meliputi dari ilmu kimia dan fisika) contoh dari ilmu ini petrologi (batu-batuan), vukanologi (gempa bumi), mineralogi (bahan-bahan mineral)
2.Astronomi, membahas benda-benda ruang angkasa dalam alam semesta yang meliputi bintang, planet, satelit da lain-lainnya. Manfaatnya dapat digunakan dalam navigasi, kalendar dan waktu.
3.apa
keterkaitan antara metematika,IAD,dengan
psikologi
Psikologi
adalah studi ilmiah tentang hubungan antara prosesmental, emosi, dan
perilaku. Matematika dan psikologi dihubungkan dengan tiga cara
utama. Pertama, psikolog kognisi studi matematika, yaitu, perkembangan
otak, akuisisi, dan penerapan kemampuan matematika. Kedua, psikolog
menyelidiki perasaan orang dan sikap tentang matematika. Ketiga, psikolog
menggunakan matematika, terutama statistik, sebagai alat profesional untuk
mengukur dan menganalisis temuan-temuan ilmiah mereka.
Psikolog
yang bekerja di bidang studi matematika bagaimana manusia kognisi memproses
informasi, menafsirkansimbol matematika,dan mengembangkan dan menggunakan
strategi untuk memecahkan masalah matematika. Sebagai contoh, keterampilan
ini sangat penting untuk disebut kata “masalah”, dimana deskripsi tertulis
harus diterjemahkan ke dalam persamaan. Kebanyakan siswa menganggap “kata”
masalah yang lebih sulit untuk memecahkan daripada jenis lain masalah
matematika. Hal ini karena “kata” masalah memerlukan berbagai keterampilan
dari otak, termasuk kemampuan untuk membaca dan memahami makna dan konteks dari
kata-kata, kemampuan untuk memahami dan menentukan masalah matematika,
kemampuan untuk menetapkan simbol matematis untuk variabel tidak diketahui ,
dan akhirnya, kemampuan untuk menerapkan strategi pemecahan masalah dan
menghitung jawaban yang benar.
kognisi
Matematika adalah bidang yang sangat penting dalam psikologi. Ini manfaat
ilmuwan dan dokter mempelajari otak, dan membantu para pendidik mengembangkan
metode pengajaran yang lebih baik untuk matematika. Selain itu, studi yang
sangat penting bagi pengembangan “pintar” komputer, jaringan syaraf tiruan,
logika fuzzy, robot, dan kecerdasan buatan.
Psikolog
juga mempelajari bagaimana orang-orang merasa tentang matematika, karena
perasaan seseorang tentang pengaruh subjek kesediaan mereka untuk belajar dan
menggunakannya. Misalnya, perbedaan budaya dan gender dalam sikap tentang
matematika mempengaruhi nilai tes. Daerah lain menerima banyak perhatian
disebut matematika fobia atau kecemasan matematika. Math fobia adalah
takut matematika.Orang dengan fobia matematika menjadi sangat tidak nyaman dan
cemas ketika dihadapkan dengan tugas-tugas matematika yang mereka dapat
mengalami gejala fisik termasuk peningkatan denyut jantung, perut gugup, dan
kesulitan bernapas yang mencegah mereka dari berkonsentrasi dan
belajar. Perasaan ini telah dilacak ke berbagai sumber, termasuk
pengalaman negatif di ruang kelas, citra diri yang buruk, kurangnya apresiasi
untuk aplikasi matematika untuk “kehidupan nyata,” dan rasa malu yang mencegah
mengajukan pertanyaan.
Link utama
ketiga antara psikologi dan matematika adalah bahwa psikolog menggunakan
alat-alat matematika dan statistik untuk mengukur dan menganalisa hasil
penelitian mereka. Penggunaan ini disebut psikometri dan timbul dari
penerapan metode ilmiahdalam psikologi, yaitu, suatu metode sistematis
pengumpulan data, pengembangan hipotesis, dan pengujian eksperimental yang
dapat digandakan dan diverifikasi oleh ilmuwan lainnya.
Salah satu
contoh dari psikometri adalah Intelligence Quotient (IQ) tes,
tes standar yang mengukur kecerdasan relatif seseorang.Sebuah nilai
IQ adalah pengukuran relatif, dibandingkan dengan referensi IQ 100 untuk nilai
rata-rata. skor IQ untuk populasi besar merupakan contoh dari fungsi
statistik yang disebut distribusi normal. kurva normal atau
kurva Gauss adalah kurva lonceng berbentuk akrab di mana pengukuran
yang digambarkan sepanjang sumbu x dan frekuensi digambarkan sepanjang sumbu-y. Sebagian
besar nilai IQ jatuh di bagian luas kurva dekat nilairata-rata
100. Sebagai skor menyimpang negatif atau positif dari 100, mereka
penurunan frekuensi.
metodologi Q
adalah jenis analisis yang digunakan dalam psikologi untuk mengukur dan
mengkuantifikasi perasaan sekelompok orang mengenai topik
tertentu. Sebagai contoh, sebuah kelompok besar mahasiswa bisa diminta
dengan pertanyaan berikut: “Bagaimana perasaan Anda tentang sekolah
Anda?” Berbagai macam jawaban akan dikumpulkan mulai dari “Aku benci”
untuk “Aku cinta” dengan banyak pendapat di antara menunjukkan sifat baik dan
buruk dari sekolah. Set seluruh pendapat disebut concourse
tersebut. Dari itu, dalam jumlah terbatas pendapat (sampel Q) akan dipilih
yang mewakili spektrum respon. Selama wawancara berikutnya, para siswa
akan membaca sampel Q dan peringkat tingkat kesepakatan dengan masing-masing
pendapat menggunakan skala -4 ke +4, dimana -4 menunjukkan ketidaksetujuan yang
kuat dan +4 menunjukkan perjanjian yang kuat dengan pendapat itu. Proses
ini disebut Q sorting. Data numerik yang dihasilkan dapat dianalisis
dengan menggunakan fungsi statistik untuk memberikan gambaran matematika
pendapat siswa tentang sekolah mereka.konsep statistik umum dan alat dipelajari
dan digunakan oleh psikolog termasuk korelasi, regresi, sampling
distribusi, fungsi kepadatan probabilitas, dan analisis faktor.
www.Annehira.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar