Rabu, 14 November 2012

Fenomena psikologi dan internet dalam lingkup interpersonal & Tes psikologi online didalam masayarakat


Psikologi internet dalam lingkup interpersonal.
Hubungan interpersonal adalah dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship.
Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya; makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya; sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.
Fenomena didalam masyarakat :
Misalkan ada seorang mahasiswa yang bernama jono,ia sudah cukup lama membuka usaha makanan demi untuk mengbiayai kuliahnya,dalam menjalankan bisnisnya banyak para mahasiswa yang tahu kalau si jono berjualan makanana ringan,dan ternyata banyak diantara mereka yang sudah menjadi pelanggannya .karena usahanya mendapatkan respon yang positif didalam lingkungannya akhirnya ia pun berpikir bagaimana cara untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih baik lagi,akhirnya ia pun melirik media sosial sperti di facebook,ataupun twitter untuk memasarkan produk makanannya dan dari situlah usahasa dapat berkembang,dari yang awalnya memasarkan produknya dilingkungan sekitar saja,kini mulai banyak orang yang tahu tentang usahasanya tersebut.
Dari contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa si jono memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan usahasanya dan dari situlah terbentuk relationship yang baik antara jono dan para pelangannya,yang kini bisa lebih mudah memesan produk makanannya hanya lewat jejaring sosial saja. Hal ini tentunya bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Tes psikologi online
Suatu bentuk ujian yang biasanya dilakukan untuk menguji mental dan dilakukan untuk menyeleksi serta metapkan kondisi psikis seorang induvidu dalam rangka untuk mengevaluasi kemampuan diri seperti bakat bahkan kepribadian seseorang.
Fenomena didalam masayarakat  :
Diera yang serba modern seperti sekarang tentunya tidak sulit menemukan macam-macam tes psikologi dan ini banyak kita jumpai di situs-situ dalam internet,seperti misalnya didalam jejaring sosial facebook,itu bahkan sudah menyediakan  aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk  dapat mengikuti tes –tes psikologi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan tes psikologi online,bisanya didalam aplikasi facebook ini terdapat jenis-jenis tes psikologi seperti tes intelektual ( IQ ),atau hanya sekedar berupa tes kepribadian atau karakter yang biasanya banyak dimanfaatkan para penggunanya untuk mengetahui seperti apakah karakter mereka,apakah bertipe sanguinis,plegmatis,melankolis,ataupun korelis semua itu dalam mereka ketahui hanya dengan cara mengikuti arahan yang diberikan oleh para provider apiksi yang berkerjasama dengan facebook.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar